Thursday, May 14, 2015

Resep dan Cara Membuat Ayam Sunti

Cara Membuat Ayam Sunti - Resep Asam Sunti ini merupakan resep masakan daerah Aceh yang merupakan masakan sejenis Sambal yang khas dari daerah tersebut. Resep Asam Sunti ini kami kategorikan ke dalam Masakan Daerah Aceh. Resep Asam Sunti ini kami bagikan buat anda para pecinta masakan daerah yang dikenal dengan Serambi Ka'bah tersebut.

Cara Membuat Ayam Sunti
Cara Membuat Ayam Sunti

Resep Asam Sunti -- Asam Sunti adalah sejenis bumbu dapur khas Aceh yang terbuat dari belimbing wuluh yang dikeringkan, diberi garam lalu dijemur diterik matahari berkali-kali sehingga kering dan dapat disimpan lama. Biasanya bumbu dapur ini digunakan untuk memasak makanan khas Aceh seperti Keumamah.

Resep Asam Sunti -- Berikut ini adalah Resep Asam Sunti yang bisa anda coba masak dan gunakan sebagai Sambal di hidangan keluarga anda.

Bahan Asam Sunti:

  • Belimbing wuluh
  • Garam Secukupnya

Cara Membuat Asam Sunti:

  • Pilih belimbing wuluh yang besar-besar dan sudah masak. (kebanyakan masih berwarna hijau dan kadang agak kekuning-kuningan)
  • Hari  ke 1 jalau cuacanya bagus, jemur belimbing wuluh dan tempatkan di dalam "Ji-ee" atau wadah yang lebar. 
  • Hari ke 2, jemur lagi belimbing wuluh diterik matahari, sampai semuanya berwarna kuning agak keemasan. ketika malam hari taburkan garam sedikit banyak secara merata pada belimbing.  
  • Hari ke 3, pagi harinya, biasanya belimbing akan mengeluarkan cairan karena garam yang semalam kita tambahkan, buang airnya, dan jemur kembali belimbingnya, sampai sore. kemudian ketika malam jangan lupa menambahkan garam lagi pada belimbing. 
  • Hari ke  4, jemur lagi belimbing, sampai berwarna kecoklatan dan agak mengering, apabila belimbing sudah mengering, angkat dan tambahkan garam lalu simpan di dalam wadah tertutup. 


Demikianlah Resep Asam Sunti ini kami bagikan sebagai Resep Daerah Aceh. Silahkan coba juga Resep Getcok Lombok sebelumnya. Selamat Memasak.

Sumber: http://asliresepindonesia.blogspot.com/2013/07/Resep-Asam-Sunti.html